SMA Negeri 1 Payung Gelar Workshop Pengembangan Kompetensi Guru

cs s

Oleh : Peti Repbiyanti

SMANSAPA.NEWS _ SMA Negeri 1 Payung mengadakan kegiatan workshop pengembangan kompetensi
guru dengan tema “Penyusunan Dokumen Kurikulum, Modul Ajar, dan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)”. Kegiatan workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan modul ajar dan modul projek penguatan profil pembelajaran pancasila yang menyenangkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan membentuk karakter tangguh.

Pelaksanaan kegiatan workshop dilakukan selama 4 (empat) hari. Kegiatan hari pertama dilaksanakan pada hari Rabu, 11 September 2024 dimulai pukul 08.00 s.d. 15.30 WIB di Gedung Serbaguna SMA Negeri 1 Payung. Kegiatan diikuti oleh seluruh guru dan tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Payung.

Rangkaian kegiatan dibuka langsung oleh Dr. H Wahyudi Himawan, S. Si.,M. T selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Bangka Selatan yang selanjutnya menyampaikan materi tentang Konsep Dasar Implementasi Kurikulum Merdeka dan Sosialisasi Sekolah Adiwiyata pada sesi pertama.

Dihari yang sama pada Sesi kedua kegiatan dilanjutkan dengan pemateri Bapak  Nurhasan, S.Pd.,M. M. selaku pengawas binaan Cabang Dinas Wilayah III Kabupaten Bangka Selatan Kepulauan Bangka Belitung dengan materi tentang Penyusunan Dokumen Kurikulum. Untuk melibatkan partisipasi aktif para guru di SMA Negeri 1 Payung, Bapak Nurhasan membagi 5 (lima) kelompok kecil untuk berdiskusi terkait langkah-langkah penyusunan
dokumen kurikulum, kemudian masing-masing perwakilan kelompok melakukan presentasi penyusunan dokumen kurikulum. Beliau juga melaksanakan pre-test dan post-test untuk membantu para guru dalam memahami konsep penyusunan dokumen kurikulum.

Kegiatan hari kedua pada Kamis, 12 September 2024 dilaksanakan pukul 08.00 s.d. 15.30 di Gedung Serbaguna SMA Negeri 1 Payung. Kegiatan diikuti oleh seluruh guru SMA Negeri 1 Payung. Bapak Ali Akbar, M. Pd. selaku pemateri dari SMA Negeri 1 Sungailiat menyampaikan materi tentang modul ajar dan modul P5 yang cukup rinci dan relevan.

Kegiatan hari ketiga yaitu Jum’at, 13 September 2024 dilaksanakan pukul 08.00 s.d 11.00 di Gedung Serbaguna SMA Negeri 1 Payung. Sesi pertama yaitu materi Peran dan Strategi Pendidik serta Tenaga Kependidikan dalam Melaksanakan Tugas, Pokok, dan Fungsi oleh Bapak Sukarmin, S. H., M. H. selaku Kasubbag pada Cabang Dinas
Wilayah III Kabupaten Bangka Selatan.

Selanjutnya pada sesi kedua kegiatan dilanjutkan sosialisasi pengisian survei lingkungan belajar (sulingjar) oleh Ibu Fitra Kurnia Meiliana, S. Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum.

Hari keempat kegiatan dilakukan pada hari Sabtu, 14 September pukul 08.00 s.d. 15.00 yaitu tentang praktik baik penyusunan KOSP dan penyusunan modul ajar serta P5 oleh tim kurikulum.

Akhir dari seluruh rangkaian kegiatan selesai dilaksanakan dan ditutup oleh Pelaksana Tugas Kepala SMA Negeri 1 Payung, Bapak Sumardoni, S. Pd. Beliau berharap kegiatan pengembangan yang telah diikuti bisa memberikan dorongan dan semangat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. 

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top