SEMARAK MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI SMA N 1 PAYUNG

WhatsApp Image 2024-09-26 at 21.42.22

Oleh : Peti Rebiyanti

Bekaespedia.com _ Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H di SMA Negeri 1 Payung tampak meriah. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut menjadi momen yang sangat penting, terutama dalam hal pendidikan karakter para peserta didik. Sekolah dengan keunggulan pendidikan karakter ini selalu menonjolkan bagaimana karakter menjadi faktor utama dari keberhasilan sebuah pendidikan.

Peringatan Maulid yang dilaksanakan pada tanggal 25 s.d 26 September 2024 dibagi menjadi dua kegiatan. Hari pertama kegiatan diisi dengan kegiatan perlombaan islami dengan tema “LIMUS” yaitu Lomba Islami Maulid Smansapa. Lomba tersebut dibagi menjadi tiga jenis yaitu ; Lomba Fashion Show Islami, Lomba Mading Maulid Nabi, dan Lomba Tahfidz Qur’an.

Pengarah Kegiatan sekaligus pembina organisasi keagamaan Mata Biru (Majelis Taklim Bina Ruhiyah) SMA N 1 Payung Ridduan, S.Pd.I  mengatakan bahwa kegiatan lomba Limus ini sebagai wadah kreativitas peserta didik sekaligus menanamkan nilai-nilai keagamaan dan kecintaan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW dengan mengedepankan adab dan karakter yang baik.

“Kegiatan Limus ini merupakan sarana kreativias anak-anak, sehingga mereka bisa mengekpresikan kedalam hal-hal positif. Kemudian bagaimana mereka bisa berbusana yang baik dan sopan pada kegiatan fashion show islami dan bagaimana mereka bekerjasama membuat mading juga para peserta hafalan quran yang ternyata mereka sudah memiliki hafalan rata-rata diatas 3 Juz.” Ujar Ridduan

Selain itu ia juga menyampaikan bahwa salah satu point penting dalam kegiatan lomba ini adalah bagaimana sekolah membentuk karakter dan kepribadian peserta didik yang harus menjadi pembiasaan sekaligus syiar dalam menjalankan sunah Nabi.

“Point penting dalam kegiatan ini adalah syiar, bagaimana keteladanan nabi muhammad menjadi contoh kita dalam setiap lini kehidupan terutama bagaimana kami mendidik peserta didik yang diharapkan menjadi Pemuda/i idaman yang didambakan oleh Rosulullah”. Tambah Ridduan.

Para guru dan siswa saat nganggung bersama

Puncak acara kegiatan Maulid Nabi di SMAN 1 Payung dilaksanakan dihari kedua, kegiatan yang mengusung tema “BERSAPA” yaitu Bershalawat Bersama Smansapa ini menghadirkan penceramah Habib Haydar Bin Umar Assegaf. Sebelum kegiatan Bersapa dimulai, para siswa dan guru mengadakan Nganggung bersama, turut hadir saat arak arakan nganggung para tamu undangan diantaranya Kapolsek Payung, Danramil Payung, Camat Payung, Pengawas sekolah, berserta Ketua Komite dan yang lainnya.

Tamu undangan bersiap melakukan arakan nganggung

Tradisi nganggung sudah menjadi ritual masyarakat diwilayah kecamatan Payung dalam hal memperingati hari besar keagamaan seperti peringatan Maulid Nabi. ini juga yang menjadi pembiasaan baik yang juga diterapkan di SMAN 1 Payung sebagai wujud pembentukan karakter peserta didik dalam hal kebersamaan.

“Nganggung ini sebuah tradisi yang baik, apalagi dalam momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, hal ini bisa menjadi salah satu contoh pendidikan karakter dalam hal kebersamaan dimana banyak makna dan arti yang dapat diambil dari tradisi nganggung ini.” Jelas Sumardoni, Plt Kepala SMA N 1 Payung.

Hal senada juga diungkapkan oleh Nurhasan, S.Pd.,MM selaku Pengawas SMA Cabdin III Bangka Selatan yang sekaligus mewakili Kacabdin. Ucapan terimakasih dan apresiasi beliau sampaikan kepada keluarga besar SMAN 1 Payung yang telah melaksanakan Peringatan Maulid Nabi dengan meriah.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada keluarga besar SMAN 1 Payung yang melaksanakan kegiatan ini, menyampaikan pesan pak Kacabdin bahwa kegiatan ini menjadi salah satu proses penanaman karakter yang baik bagi peserta didik.”Ujar Nurhasan

Proses arak-arakan nganggung dimulai dari halaman depan sekolah menuju gedung serbaguna, para tamu undangan disambut langsung oleh ratusan siswa beserta guru saat menuju ketempat puncak acara. Shalawat nabi begitu bergemuruh ketika memasuki gedung, rasa kerinduan dan kecintaan kepada manusia mulia Nabi Muhammad semakin terasa dalam relung jiwa.

Semoga dibulan maulid ini kita semua dapat meneladani akhlaknya baginda nabi Muhammad SAW dan semoga seluruh generasi hebat SMA N 1 Payung menjadi generasi idaman yang sesuai dengan tuntunan nabi akhir zaman. Amin. (DEM)

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top