Perpustakaan Pustaka Cendekia SMANSAPA
KLIK DISINI INSTAGRAM PUSTAKA CENDEKIA SMANSAPA
DATA PROFIL PERPUSTAKAAN PUSTAKA CENDEKIA
SMA NEGERI 1 PAYUNG
NPP NPSN |
: : |
1903051E1000002 10900879 |
|
Jenis Sekolah Nama Lembaga Nama Perpustakaan |
: : : |
Negeri / Swasta SMA Negeri 1 Payung Perpustakaan Pustaka Cendekia |
|
Akreditasi Perpustakaan |
: |
A/B/C/Belum Terakreditasi Tahun – |
|
SK Lembaga |
: |
188.45/257/Dik/2004 Tahun 2004 |
|
SK Pendirian Perpustakaan Nama Kepala Sekolah |
: : |
423.5/284/SMAN PYG/2018 Tahun 2108 Nurhasan, S.Pd |
|
Nama Kepala Perpustakaan |
: |
Dewi Sekar Sari, S.Pd |
|
SK Kepala Perpustakaan |
: |
188.4/233.a/SMANPYG/2023 |
|
Alamat Perpustakaan |
: |
Jl. Mayor Syafrie Rahman |
|
|
Desa/Kelurahan |
: |
Payung / Payung |
|
Kecamatan |
: |
Payung |
|
Kabupaten/Kota |
: |
Bangka Selatan |
|
Provinsi |
: |
Kepulauan Bangka Belitung |
|
Kode Pos |
: |
33778 |
Nomor Telepon |
: |
0812 71136791 |
|
Laman Situs (website) |
: |
||
Surel (e-mail) Jumlah Peserta Didik Jumlah Rombongan Belajar |
: : : |
695 21 |
|
Jam Buka – Tutup Layanan |
: |
07.00 s/d 15.30 WIB |
|
Jumlah Jam Layanan dalam Seminggu |
: |
38 Jam
|
|
Luas Gedung Perpustakaan
|
:
|
168 m2 |
https://pustakacendekiasmansapayung.blogspot.com/
SEJARAH SINGKAT PENDIRIAN PERPUSTAKAAN
Pada tahun 2003 perpustakaan SMA Negeri 1 Payung berdiri bersamaan dengan berdirinya SMA Negeri 1 Payung, yang beralamat di jalan Mayor Syafri Rahman, Perpustakaan masih menginduk pada ruang guru, kemudian pada tahun 2014 perpustakaan pindah menginduk keruang LAB Biologi, kemudian pada tahun 2016 perpustakaan menginduk diruang kelas hingga sekarang yang koleksinya sebagian besar hanya teks pelajaran. Perpustakaan pada awal pembangunan dikoordinasi oleh Ibu Misnayati, S.Pd yang berperan sebagai guru dan pengelola perpustakaan. Pada tahun 2010 terjadi pergantian koordinator yaitu kepada Ibu Kiki Sapriyanti sampai tahun 2015. Pada bulan Juli tahun 2015 terjadi lagi pergantian koordinator Kepada Ibu Marlina, S.I.Pust sampai sekarang.
Adapun tujuan dan manfaat keberadaan perpustakan bagi siswa dan guru yaitu merangsang minat baca baik pada guru dan siswa, merupakan sumber literatur yang paling dekat, perpustakaan sebagai pusat sumber informasi dan sumber pembelajaran menulis. Perpustakaan sekolah dapat menambah kebiasaan belajar mandiri dan dapat memprcepat proses penguasaan teknik membaca.
Dalam setiap organisasi dana atau anggaran merupakan hal yang sangat vital, karena dengan dana atau anggaran semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik dan berjalan sesuai dengan rencana. Tanpa dana atau anggaran perpustakaan tidak akan melaksanakan kegiatan dengan efektif dan perpustakaan tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Anggaran perpustakaan mutlak perlu tersedia pada setiap tahun anggaran sekolah yaitu untuk membiayai berbagai pengeluaran, meliputi pembelian bahan pustaka, perawatan ruangan, pembelian sarana dan prasarana perpustakaan dan pengadaan berbagai macam lomba.
Anggaran adalah masalah yang sering menjadi ‘momok’ bagi sebagian pengelola perpustakaan dalam mengembangkan perpustakaannya. Untuk itu masalah anggaran ini harus direncanakan sedini mungkin dan sejelas mungkin agar tidak menyimpang dari fungsi dan tugas perpustakaan tersebut. Melalui sebuah ‘assesment’ terhadap koleksi dan tujuan pengembangan program-program perpustakaan, maka sebuah rencana anggaran dapat dilakukan dan dikeluarkan dalam bentuk sebuah dokumen perencanaan bagi perpustakaan sekolah. Sebuah rencana dana atau anggaran akan membantu pustakawan dalam meyakinkan dewan sekolah atau pengurus sekolah untuk menyetujui dan menerima pengajuan anggaran tersebut serta sebagai bukti akuntabilitas dari program-program perpustakaan baik yang akan dilaksanakan maupun yang sudah dilaksanakan.
Rencana anggaran perpustakaan harus menjadi bagian integral dari anggaran rutin dan anggaran belanja maupun proyek sekolah dimana perpustkaan tersebut bernaung. Yang selanjutnya apabila sudah disetujui, maka tugas dari tenaga perpustakaan adalah merancang dan mengawali penggunaan dana yang sudah diajukan. Hal ini harus dilakukan secara sistematis dan sesuai dengan prosedur yang sudah dibuat dalam program perpustakaan. Pengadaan di perpustakaan dapat meliputi pengadaan koleksi, fasilitas, ruang, alat maupun sarana dan prasarana lainnya.
Dana atau anggaran merupakan unsur utama untuk menjalankan dan membantu kelancaran suatau kegiatan diperpustakaan. Dana yang di dapatkan yang di peroleh di Perpustakaan SMA Negeri 1 Payung yaitu dari anggaran BOS, APBD, DAK dan subsidi dari anggota perpustakaan.
Mata pencaharian sebgaian besar masyarakat yang ada disekitar sekolah adalah membuka bermacam – macam toko jenis penjualan seperti Toko sembako, Tako Peralatan pakaian dan aksesoris, dan lain-lain.
VISI, MISI DAN MOTO PERPUSTAKAAN SEKOLAH / MADRASAH
- Visi Perpustakaan Pustaka Cendekia SMA N 1 Payung
Terwujudnya perpustakaan sekolah sebagai salah satu pusat untuk menggali potensi diri melalui membaca dan sumber belajar yang memiliki keunggulan dalam dalam bidang akademik, teknologi serta keterampilan dan menjadikan perpustakaan sekolah yang unggul sehingga terciptanya siswa / i yang terampil, kreatif, dan inovatif.
- Misi Perpustakaan Pustaka Cendekia SMA N 1 Payung
- Menumbuhkan minat dan budaya baca siswa serta guru di lingkungan perpustakaan sekolah.
- Menjadikan perpustakaan yang sejuk, nyaman dan menarik.
- Menyediakan informasi yang Up To Date.
- Mengembangkan ide, kepribadian dan kreativitas siswa yang berkarakter melalui budaya gemar membaca.
- Menjadikan perpustakaan sebagai jantungnya pendidikan sekolah.
- Merintis penyelenggaraan perpustakaan digital untuk sekolah.
- Motto Perpustakaan Sekolah
Perangi kebodohan melalaui kebiasan membaca karena dengan membaca dapat merusak bedodohanmu.
KOLEKSI PERPUSTAKAAN
- JUMLAH KOLEKSI :
Nomor Klasifikasi buku |
Jumlah judul
|
Jumlah eksemplar |
Deskripsi / Keterangan |
Klas 000 |
30 |
54 |
Baik |
Klas 100 |
38 |
72 |
Baik |
Klas 200 |
80 |
137 |
Baik |
Klas 300 |
195 |
443 |
Baik |
Klas 400 |
63 |
104 |
Baik |
Klas 500 |
202 |
443 |
Baik |
Klas 600 |
138 |
239 |
Baik |
Klas 700 |
70 |
120 |
Baik |
Klas 800 |
52 |
86 |
Baik |
Klas 900 |
64 |
127 |
Baik |
Fiksi |
131 |
267 |
Baik |
Referensi |
301 |
896 |
Baik |
|
1.423 |
2.943 |
|
- JUMLAH KOLEKSI LAINNYA
Jenis Koleksi |
Jumlah Judul / Jenis |
Jumlah Eksemplar |
Deskripsi / Keterangan |
Jumlah judul buku tercetak yang dimiliki |
|
|
|
Jumlah judul buku elektronik ( e-book) yang dimiliki |
245 |
245 |
Agama Islam ( Fiqih, Hadist) |
Jumlah jenis buku referensi yang dimiliki |
82 |
440 |
Kamus, atlas, peta/globe, direktori, handbook, manual, biografi, statistik, pedoman |
Jumlah judul buku referensi yang di miliki |
360 |
991 |
Ensiklopedia, Buku Pintar, |
Jumlah judul surat kabar yang dilanggan |
2 |
720 |
Bangka pos |
Jumlah judul majalah yang dilanggan |
3 |
15 |
|
Jumlah koleksi Audio Visual yang dimiliki (CD,VCD, DVD, kaset, dll) |
33
|
46 |
|
Jumlah Benner, brosur, leaflet, pamflet, poster yang dimiliki |
4 |
4 |
|
Jumlah koleksi khusus karya pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik ( kliping, karya tulis, kumpulan foto, dll) yang dimiliki |
24 |
559 |
|
Otomasi perpustakaan menggunakan perangkat lunak INLISLite 3.2
SDM Perpustakaan
Jumlah total tenaga perpustakaan adalah 4 orang
Berdasarkan status kepegawaiannya, terdiri atas :
Pegawai tetap : – orang
Pegawai honorer : 1 orang
Berdasarkan kualifikasi pendidikannya, terdiri atas :
SD/MI : – orang
SMP/MTs : – orang
SMA/K/MA : 2orang
D3 Perpustakaan : – orang
D3 Non Perpustakaan : – orang
S1 Perpustakaan : 1 orang
S1 Non Perpustakaan : 2 orang
S2 Perpustakaan : – orang
S2 Non Perpustakaan : – orang
S3 Perpustakaan : – orang
S3 Non Perpustakaan : – orang
Jenis diklat kepustakawanan yang Diikuti :
NO |
NAMA |
PENDIDIKAN |
STATUS DI PENGELOLA |
PALATIHAN/ BIMTEK DI BIDANG PERPUSTAKAAN YANG DIIKUTI |
1. |
Marlina, S.I.Pust |
S1 Ilmu Perpustakaan |
Honorer / PTT |
Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah |
|
|
|
|
Workshop Pembinaan Tenaga Kependidikan Kegiatan Perluasan dan Penigkatan Mutu Sekolah |
|
|
|
|
Manajemen Perpustakaan Berbasis digital |
|
|
|
|
Workshop Pembudayaan Kegemaran Membaca |
|
|
|
|
Peluncuran dan Sosialisasi Sesi Bimbingan Pemustaka dan Literasi Informasi |
|
|
|
|
Mengukur Kualitas Perpustakaan Berbasis Akreditasi |
|
|
|
|
Kegiatan Bimbingan Teknis Perpustakaan Secara Virtual di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung |
|
|
|
|
Kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat |
|
|
|
|
Perpustakaan dan kepustakawanan, Tantangan dan Strategi Menuju Era Society |
Jenis Layanan Perpustakaan
Jenis layanan yang tersedia di perpustakaan Pustaka Cendekia : Layanan Sirkulasi, Layanan Referensi, Layanan membaca di perpustakaan.
Jumlah jam buka perpustakaan per minggu : 40 jam
Sistem peminjaman buku : sistem otomasi inlislite dan manual dengan kartru / brown, dan sitem buku besar.
Penelusuran informasi ke koleksi : penelusuran melalui OPAC atau katalog manual
Penelusuran informasi intelektual ke sumber daya informasi : secara manual
Sistem otomasi pelayanan: diakses datu komputer saja
Persentase jumlah siswa yang menjadi anggota perpustakaan : 100 %
Persentase jumlah pendidik dan tenaga kependidikan anggota perpustakaan : 100 %
Jumlah rata-rata pengunjung perbulan dalam satu tahun : 581 orang
Jumlah rata-rata buku yang dipinjam per bulan dalam satu tahun : 394 eksemplar
Jenis bimbingan pemustaka ( bimbingan literasi, penelusuran literatur, membaca, orientasi perpustakaan dll ) : Jenis bimbingan literasi dan membaca
Promosi Perpustakaan
Jenis promosi yang dilaksanakan ( papan pengumuman, penyebaran daftar buku terbaru, brosur, banner, lomba, dll ) : Jenis papan pengumuman dan pembagian hadiah pengunjung, peminjam terbaik.
Kerja Sama / Jaringan Perpustakaan
Kerja Sama Internal
NO |
Nama komunitas Internal lingkungan sekolah yang dikerjasamakan |
Jenis Kerjasama |
Masa Berlaku Kerjasama |
1. |
Komunitas semua guru bidang studi |
Merupakan hal yang penting dalam memaksimalkan layanan perpustakaan. Kegiatan kerjasama dapat diawali dengan sosialisasi kepada guru. Kegiatan sosialisasi merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh petugas perpustakaan. kegiatan sosialisasi tersebut dapat dilakukan pada saat ada rapat-rapat yang diselenggarakan oleh sekolah. Pada kesempatan itu dapat dimanfaatkan oleh petugas perpustakaan untuk berkomunikasi dengan baik, supaya guru dapat tertarik untuk memanfaatkan perpustakaan dalam kegiatan belajar mengajar. |
Selama jadi warga SMA N 1 Payung |
2. |
Kerjasama dengan siswa |
Murid merupakan kelompok sasaran utama perpustakaan sekolah. Murid dapat menggunakan perpustakaan dalam berbagai keperluan, seperti mengerjakan tugas, mencari informasi maupun membaca koleksi yang ada di perpustakaan. Selain untuk menyelesaikan tugas, siswa dapat berkontribusi dalam kegiatan perpustakaan, misalnya ikut dalam kegiatan pengadaan koleksi dan Pemutaran video film. |
Selama jadi Siswa SMA N 1 Payung ( 3 Tahun ) |
Kerja sama eksternal
No |
Nama perpustakaan yang dikerjasamakan |
Jenis kerjasama |
|
1. |
Perpustakaan Pahlawan Empat SMA N 1 Puding Besar |
Saling berbagi informasi tentang koleksi |
|
2. |
Perpustakaan SMAN 1 Manggar |
Pengembangan Literasi Sekolah |
|
3. |
Perpustakan SDN 12 Payung |
Saling berbagi informasi tentang koleksi, Pengembangan Literasi sekolah dan persiapan akreditasi perpustakaan |
|
4 |
Perpustakan SDN 11 Payung |
Saling berbagi informasi tentang koleksi, Pengembangan Literasi sekolah dan persiapan akreditasi perpustakaan |
|
5 |
Perpustakan MTs Khoirul Ummah Payung |
Saling berbagi informasi tentang koleksi, Pengembangan Literasi sekolah dan persiapan akreditasi perpustakaan |
|
7 |
Perpustakan SMPN 5 Payung |
Saling berbagi informasi tentang koleksi, Pengembangan Literasi sekolah dan persiapan akreditasi perpustakaan |
|
7 |
Perpustakan SDN 13 Payung |
Saling berbagi informasi tentang koleksi, Pengembangan Literasi sekolah dan persiapan akreditasi perpustakaan |
|
8 |
Perpustakan SMPN 3 Payung |
Saling berbagi informasi tentang koleksi, Pengembangan Literasi sekolah dan persiapan akreditasi perpustakaan |
|
9 |
Perpustakan SMAN 1 Pemali |
Saling berbagi informasi tentang koleksi, Pengembangan Literasi sekolah dan persiapan akreditasi perpustakaan |
|
10 |
Perpustakan PONPES Tarbiayaul Mubtadi’in Toboali |
Saling berbagi informasi tentang koleksi, Pengembangan Literasi sekolah dan persiapan akreditasi perpustakaan |
|
Prestasi Perpustakaan
No |
Jenis penghargaan perlombaan |
Sebagai Juara |
Pantitia penyelenggara |
Tahun |
1. |
Lomba perpustakan sekolah Tingkat SMA/SMK/MA Kabupaten Bangka Selatan |
III |
Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Bangka Selatan |
2015 |
2. |
Lomba perpustakan sekolah Tingkat SMA/SMK/MA Kabupaten Bangka Selatan |
II |
Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Bangka Selatan |
2016 |
3. |
Lomba perpustakan sekolah Tingkat SMA/SMK/MA Provinsi Kepualaun Bangka Belitung |
Harapan II |
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung |
2020 |
Inovasi-Inovasi Perpustakaan
No |
Sector / bidang |
Jumlah inovasi dan sebutkan satu persatu ( Jika ada) |
1. |
Sektor Pengembangan Perpustakaan |
Mengupayakan penambahan koleksi buku perpustakaan |
2. |
Sektor Pengolahan bahan perpustakaan |
Melakukan penjilidan koran setiap bulannya dan penjilidan buku |
3 |
Sektor pelayanan perpustakaan |
Pelayanan dalam peminjaman buku fiksi, non fiksi dan buku paket. Pemutaran DVD. |
4 |
Sektor perawatan bahan perpustakaan |
– Penyampulan buku – Perbaikan buku yang rusak |
Bantuan Yang Diterima Perpustakaan
Bantuan dari komite dan alumni untuk membangun Literasi Sekolah. Sekarang sudah terbangun 4 Literasi Sekolah dan gudang penyimpanan khusus buku Pekat ( Buku Mata Pelajaran )
Anggaran Perpustakaan
No |
SUMBER ANGGARAN |
1. |
APBD |
2. |
APBN |
3. |
KOMITE |
4. |
ALUMNI |
Tujuan Perpustakaan Sekolah
- Menumbuhkembangkan minat baca dan tulis. Para siswa dan guru dapat memanfaatkan waktu untuk mendapat informasi di perpustakaan. Kebisaan ini mampu menumbuhkan minat baca mereka yang pada akhirnya dapat menimbulkan minat tulis.
- Mengenalkan teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi harus terus diikuti pelajar dan pengajar. Untuk itu perlu proses pengenalan dan penerapan teknologi informasi dari perpustakaan.
- Membiasakan akses informasi secara mandiri. Pelajar perlu didorong dan diarahkan untuk memiliki rasa percaya diri dan mandiri untuk mengakses informasi. Hanya orang yang percaya diri dan mandirilah yang mampu mencapai kemajuan.
- Memupuk bakat dan minat. Bacaan, tayangan gambar, dan musik di perpustakaan mampu menumbuhkan bakat dan minat seseorang. Fakta dan sejarah membuktikan bahwa keberhasilan seseorang itu tidak ditentukan oleh NEM yang tinggi melainkan melalui pengembangan bakat dan minat.
Tugas perpustakaan Sekolah
- Memelihara dan perbaikan buku-buku/bahan pustaka/media elektronik.
- Inventarisasi dan pengadministrasian buku-buku/bahan pustaka/media elektronika.
- Melakukan layanan bagi siswa, guru, dan tenaga kependidikan lainnya, serta masyarakat.
Fungsi Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan banyak dikenal hanya sebagai tempat penyimpanan buku-buku, jurnal, maupun sumber referensi cetak lain namun yang sebenarnya bahwa perpustakaan bukan hanya menyimpan tapi juga menyajikan kepada khalayak umum agar apa yang disimpan di perpustakaan tersebut dapat diakses dan digunakan dengan leluasa. Perpustakaan memiliki peranan yang signifikan untuk mendukung gemar membaca dan meningkatkan literasi informasi. Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar-mengajar.
Kendala dan Tantangan
- Regulasi dan Dukungan Pemerintah Daerah
Regulasi dan dukungan dari pemerintah daerah Kepulauan Bangka Belitung terhadap Perpustakaan Sekolah sangat baik untuk memajukan dan meningkatkan minat baca masyarakat atau siswa / i di sekolah. Kendala dari sekolah yaitu jaraknya jauh dari DKPUS Provinsi ke sekolah jadi butuh perjalanan selama 2-3 jam kalau mau berkunjung ke DKPUS Provinsi. Kurangnya dana untuk melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan .Tenaga perpustakaan hendaknya lebih dari satu orang, sehingga pengelolaan dan pelayanan perpustakaan lebih maksimal. Perpustakaan sekolah sering diartikan hanya sebagai gudang buku yang keberadaannya dirasakan kurang penting dan Media informasinya masih berupa buku, sehingga tidak merupakan sesuatu yang aneh bagi siswa. Kurangnya perhatian pihak sekolah akan pengembangan perpustakaan.
- Teknologi Informasi dak Komunikasi ( TIK)
Perkembangan perpustakaan digital pada umumnya masih berjalan lambat terutama di Indonesia, bahkan untuk Indonesia sendiri bisa dikatakan belum ada perpustakaan yang benar-benar digital. Perpustakaan di negeri pertiwi ini masih mempertahankan koleksi tercetak, walaupun sebagian telah ada koleksi yang berbentuk digital.
Dalam membangun perpustakaan digital ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan diantaranya:
- Perpustakaan digital memerlukan teknologi untuk terhubung ke banyak sumber informasi
- Hubungan kerjasama antara beberapa perpustakaan digital dan layanan informasi terbuka untuk semua
- Perpustakaan digital memberikan layananan informasi secara universal
- Koleksi perpustakaan digital bukanlah pengganti dari dokumen tercetak, tetapi perlu dikembangkan melebihi koleksi tercetak
- Sumber Daya Manusia ( SDM)
Tenaga perpustakaan hendaknya lebih dari satu orang, sehingga pengelolaan dan pelayanan perpustakaan lebih maksimal.
- Koleksi Perpustakaan
Masalah koleksi buku yang tidak update dan tidak mencerminkan kebutuhan siswa akibatnya siswa malas datang ke perpustakaan. Sering mendengar cerita pemustaka yang selalu kecewa setiap datang ke perpustakaan. Kecewa karena setiap mencari buku yang mereka cari tapi tidak menemukan buku tersebut. Hal tersebut dikarenakan proses pengadaan buku di perpustakaan yang masih banyak membeli buku Paket Teks Pelajaran Siswa.
- Anggaran perpustakaan
Umumnya beberapa perpustakaan memiliki anggaran berasal dari lembaga induknya, yang berasal dari sumber pendanaan yaitu APBD dan APBN dan sumbangan alumni.
LAMPIRAN
- Foto depan sekolah yang nampak plang sekolah
- Foto Gedung / Ruang perpustakaan sekolah / madrasah tampak dari depan
- Foto Kepala Perpustakaan Pustaka Cendekia SMAN 1 Payung : Dewi Sekar Sari, S.Pd
- Foto Pengelola Perpustakaan Pustaka Cendekia SMAN 1 Payung : Marlina, S.I.Pust
- Foto Ruang Refrensi Perpustakaan Pustaka Cendekia SMAN 1 Payung
- Foto Ruang Perpustakaan Pustaka Cendekia SMAN 1 Payung
- Foto Kegiatan Perpustakaan Pustaka Cendekia dalam Lomba Pojok Lietarsi Kelas
- Foto Kegiatan Perpustakaan Pustaka Cendekia dalam Lomba Mural
- Foto Kegiatan Perpustakaan Pustaka Cendekia Pusling dari DKPUS Provinsi Kep. Babel
- Foto Kegiatan Perpustakaan Kunjungan ke SMAN 1 Puding Besar
11. Foto Kegiatan Perpustakaan Pustaka Cendekia dalam Lomba Slogan Pendidikan Karakter dan Literasi