Perpustakaan Cendekia SMA Negeri 1 Payung


Perpustakaan Pustaka Cendekia SMANSAPA

KLIK DISINI INSTAGRAM PUSTAKA CENDEKIA SMANSAPA

DATA PROFIL PERPUSTAKAAN PUSTAKA CENDEKIA

SMA NEGERI 1 PAYUNG

 

NPP

NPSN

:

:

1903051E1000002

10900879

Jenis Sekolah

Nama Lembaga

Nama Perpustakaan

:

:

:

Negeri / Swasta

SMA Negeri 1 Payung

Perpustakaan Pustaka Cendekia

Akreditasi Perpustakaan

:

A/B/C/Belum Terakreditasi                   Tahun –

SK Lembaga

:

 188.45/257/Dik/2004                            Tahun 2004

SK Pendirian Perpustakaan

Nama Kepala Sekolah

:

:

423.5/284/SMAN PYG/2018                Tahun 2108

Nurhasan, S.Pd

Nama Kepala Perpustakaan

:

Dewi Sekar Sari, S.Pd

SK Kepala Perpustakaan

:

188.4/233.a/SMANPYG/2023

Alamat Perpustakaan

:

Jl. Mayor Syafrie Rahman

 

Desa/Kelurahan

:

Payung  /   Payung

 

Kecamatan

:

Payung

 

Kabupaten/Kota

:

Bangka Selatan

 

Provinsi

:

Kepulauan Bangka Belitung

 

Kode Pos

:

33778

Nomor Telepon

:

0812 71136791

Laman Situs (website)

:

https://www.sman1payung.sch.id /

Surel (e-mail)

Jumlah Peserta Didik

Jumlah Rombongan Belajar

:

:

:

 

695

21

Jam Buka – Tutup Layanan

:

07.00 s/d 15.30 WIB

Jumlah Jam Layanan

dalam Seminggu

:

38 Jam

 

Luas Gedung Perpustakaan

 

 

:

 

 168 m2

https://pustakacendekiasmansapayung.blogspot.com/

 

 

 

 

SEJARAH SINGKAT PENDIRIAN PERPUSTAKAAN

Pada tahun 2003 perpustakaan SMA Negeri 1 Payung berdiri bersamaan dengan berdirinya SMA Negeri 1 Payung, yang beralamat di jalan Mayor Syafri Rahman, Perpustakaan masih menginduk pada ruang guru, kemudian pada tahun 2014 perpustakaan pindah menginduk keruang LAB Biologi, kemudian pada tahun 2016 perpustakaan menginduk diruang kelas hingga sekarang yang koleksinya sebagian besar hanya teks pelajaran. Perpustakaan pada awal pembangunan dikoordinasi oleh Ibu Misnayati, S.Pd yang berperan sebagai guru dan pengelola perpustakaan. Pada tahun 2010 terjadi pergantian koordinator yaitu kepada Ibu Kiki Sapriyanti sampai tahun 2015. Pada bulan Juli tahun 2015 terjadi lagi pergantian koordinator Kepada Ibu Marlina, S.I.Pust sampai sekarang.

Adapun tujuan dan manfaat keberadaan perpustakan bagi siswa dan guru  yaitu  merangsang minat baca baik pada guru dan siswa, merupakan sumber literatur yang paling dekat, perpustakaan sebagai pusat sumber informasi dan sumber pembelajaran menulis. Perpustakaan sekolah dapat menambah kebiasaan belajar mandiri dan dapat memprcepat proses penguasaan teknik membaca.

Dalam setiap organisasi dana atau anggaran merupakan hal yang sangat vital, karena dengan dana atau anggaran semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik dan berjalan sesuai dengan rencana. Tanpa dana atau anggaran perpustakaan tidak akan melaksanakan kegiatan dengan efektif dan perpustakaan tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Anggaran perpustakaan mutlak perlu tersedia pada setiap tahun anggaran sekolah yaitu untuk membiayai berbagai pengeluaran, meliputi pembelian bahan pustaka, perawatan ruangan, pembelian sarana dan prasarana perpustakaan dan pengadaan berbagai macam lomba.

Anggaran adalah masalah yang sering menjadi ‘momok’ bagi sebagian pengelola perpustakaan dalam mengembangkan perpustakaannya. Untuk itu masalah anggaran ini harus direncanakan sedini mungkin dan sejelas mungkin agar tidak menyimpang dari fungsi dan tugas perpustakaan tersebut. Melalui sebuah ‘assesment’ terhadap koleksi dan tujuan pengembangan program-program perpustakaan, maka sebuah rencana anggaran dapat dilakukan dan dikeluarkan dalam bentuk sebuah dokumen perencanaan bagi perpustakaan sekolah. Sebuah rencana dana atau anggaran akan membantu pustakawan dalam meyakinkan dewan sekolah atau pengurus sekolah untuk menyetujui dan menerima pengajuan anggaran tersebut serta sebagai bukti akuntabilitas dari program-program perpustakaan baik yang akan dilaksanakan maupun yang sudah dilaksanakan.

Rencana anggaran perpustakaan harus menjadi bagian integral dari anggaran rutin dan anggaran belanja maupun proyek sekolah dimana perpustkaan tersebut bernaung. Yang selanjutnya apabila sudah disetujui, maka tugas dari tenaga perpustakaan  adalah merancang dan mengawali penggunaan dana yang sudah diajukan. Hal ini harus dilakukan secara sistematis dan sesuai dengan prosedur yang sudah dibuat dalam program perpustakaan. Pengadaan di perpustakaan dapat meliputi pengadaan koleksi, fasilitas, ruang, alat maupun sarana dan prasarana lainnya.

Dana atau anggaran merupakan unsur utama untuk menjalankan dan membantu kelancaran suatau kegiatan diperpustakaan. Dana yang di dapatkan  yang di peroleh di Perpustakaan SMA Negeri 1 Payung yaitu dari anggaran BOS, APBD, DAK dan subsidi dari anggota perpustakaan.

  Mata pencaharian sebgaian besar masyarakat yang ada disekitar sekolah adalah membuka bermacam – macam toko jenis penjualan seperti Toko sembako, Tako Peralatan pakaian dan aksesoris, dan lain-lain.

 

 

VISI, MISI DAN MOTO PERPUSTAKAAN SEKOLAH / MADRASAH

  1. Visi Perpustakaan Pustaka Cendekia SMA N 1 Payung

Terwujudnya perpustakaan sekolah sebagai salah satu pusat untuk menggali potensi diri melalui membaca dan sumber belajar yang memiliki keunggulan dalam dalam bidang akademik, teknologi serta keterampilan dan menjadikan perpustakaan sekolah yang unggul sehingga terciptanya siswa / i yang terampil, kreatif, dan inovatif.

 

  1. Misi Perpustakaan Pustaka Cendekia SMA N 1 Payung
  2. Menumbuhkan minat dan budaya baca siswa serta guru di lingkungan perpustakaan sekolah.
  3. Menjadikan perpustakaan yang sejuk, nyaman dan menarik.
  4. Menyediakan informasi yang Up To Date.
  5. Mengembangkan ide, kepribadian dan kreativitas siswa yang berkarakter melalui budaya gemar membaca.
  6. Menjadikan perpustakaan sebagai jantungnya pendidikan sekolah.
  7. Merintis penyelenggaraan perpustakaan digital untuk sekolah.

 

  1. Motto Perpustakaan Sekolah

Perangi kebodohan melalaui kebiasan membaca karena dengan membaca dapat merusak bedodohanmu.

KOLEKSI PERPUSTAKAAN

  1. JUMLAH KOLEKSI :

Nomor Klasifikasi buku

Jumlah judul

 

Jumlah eksemplar

Deskripsi / Keterangan

Klas 000

30

54

Baik

Klas 100

38

72

Baik

Klas 200

80

137

Baik

Klas 300

195

443

Baik

Klas 400

63

104

Baik

Klas 500

202

443

Baik

Klas 600

138

239

Baik

Klas 700

70

120

Baik

Klas 800

52

86

Baik

Klas 900

64

127

Baik

Fiksi

131

267

Baik

Referensi

301

896

Baik

 

1.423

2.943

 

 

  1. JUMLAH KOLEKSI LAINNYA

Jenis Koleksi

Jumlah Judul / Jenis

Jumlah Eksemplar

Deskripsi / Keterangan

Jumlah judul buku tercetak yang dimiliki

 

 

 

Jumlah judul buku elektronik ( e-book) yang dimiliki

245

245

Agama Islam ( Fiqih, Hadist)

Jumlah jenis buku referensi yang dimiliki

82

440

Kamus,  atlas, peta/globe, direktori, handbook, manual, biografi, statistik, pedoman

Jumlah judul buku referensi yang di miliki

360

991

Ensiklopedia, Buku Pintar,

Jumlah judul surat kabar yang dilanggan

2

720

Bangka pos

Jumlah judul majalah yang dilanggan

3

15

 

Jumlah koleksi Audio Visual yang dimiliki (CD,VCD, DVD, kaset, dll)

33

 

 

 

 

 

46

 

Jumlah Benner, brosur, leaflet, pamflet, poster yang dimiliki

4

4

 

Jumlah koleksi khusus karya pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik ( kliping, karya tulis, kumpulan foto, dll) yang dimiliki

24

559

 

Otomasi perpustakaan menggunakan perangkat lunak INLISLite 3.2

SDM Perpustakaan

Jumlah total tenaga perpustakaan adalah  4  orang

Berdasarkan status kepegawaiannya, terdiri atas :

Pegawai tetap               : –  orang     

Pegawai honorer           : 1 orang

 

Berdasarkan kualifikasi pendidikannya, terdiri atas :

SD/MI                                     : – orang     

SMP/MTs                                : –  orang     

SMA/K/MA                            :  2orang     

D3 Perpustakaan                     : – orang     

D3 Non Perpustakaan             : –  orang     

S1 Perpustakaan                      : 1 orang     

S1 Non Perpustakaan              : 2 orang     

S2 Perpustakaan                      : – orang     

S2 Non Perpustakaan              : – orang     

S3 Perpustakaan                      : –  orang     

S3 Non Perpustakaan              : – orang  

Jenis diklat kepustakawanan yang Diikuti :

NO

NAMA

PENDIDIKAN

STATUS DI PENGELOLA

PALATIHAN/ BIMTEK DI BIDANG PERPUSTAKAAN YANG DIIKUTI

1.

Marlina, S.I.Pust

S1 Ilmu Perpustakaan

Honorer / PTT

Bimbingan Teknis Pengelolaan

Perpustakaan Sekolah

 

 

 

 

Workshop Pembinaan Tenaga

Kependidikan Kegiatan Perluasan

dan Penigkatan Mutu Sekolah 

 

 

 

 

Manajemen Perpustakaan Berbasis digital

 

 

 

 

Workshop Pembudayaan Kegemaran Membaca

 

 

 

 

Peluncuran dan Sosialisasi Sesi Bimbingan Pemustaka dan Literasi Informasi

 

 

 

 

Mengukur Kualitas Perpustakaan Berbasis Akreditasi

 

 

 

 

Kegiatan Bimbingan Teknis Perpustakaan Secara Virtual di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

 

 

 

 

Kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat

 

 

 

 

Perpustakaan dan kepustakawanan, Tantangan dan Strategi Menuju Era Society

 

 

Jenis Layanan Perpustakaan

Jenis layanan yang tersedia di perpustakaan  Pustaka Cendekia : Layanan Sirkulasi, Layanan Referensi, Layanan membaca di perpustakaan.

Jumlah jam buka perpustakaan per minggu :   40  jam

Sistem peminjaman buku : sistem otomasi inlislite dan manual dengan kartru / brown, dan sitem buku besar.

Penelusuran informasi ke koleksi : penelusuran melalui OPAC atau katalog manual

Penelusuran informasi intelektual ke sumber daya informasi : secara manual

Sistem otomasi pelayanan: diakses datu komputer saja

Persentase jumlah siswa yang menjadi anggota perpustakaan : 100 %

Persentase jumlah pendidik dan tenaga kependidikan anggota perpustakaan : 100 %

Jumlah rata-rata pengunjung perbulan dalam satu tahun : 581 orang

Jumlah rata-rata buku yang dipinjam per bulan dalam satu tahun : 394 eksemplar

Jenis bimbingan pemustaka ( bimbingan literasi,  penelusuran literatur,  membaca, orientasi perpustakaan dll ) : Jenis bimbingan literasi dan membaca

Promosi Perpustakaan

Jenis promosi yang dilaksanakan ( papan pengumuman, penyebaran daftar buku terbaru, brosur, banner, lomba, dll ) : Jenis papan pengumuman dan pembagian hadiah pengunjung, peminjam terbaik.

Kerja Sama / Jaringan Perpustakaan

Kerja Sama Internal

NO

Nama komunitas Internal lingkungan sekolah yang dikerjasamakan

Jenis Kerjasama

Masa Berlaku Kerjasama

1.

Komunitas semua guru bidang studi

Merupakan hal yang penting dalam memaksimalkan  layanan perpustakaan. Kegiatan kerjasama dapat diawali dengan sosialisasi kepada guru. Kegiatan sosialisasi merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh petugas perpustakaan. kegiatan sosialisasi tersebut dapat dilakukan pada saat ada rapat-rapat yang diselenggarakan oleh sekolah. Pada kesempatan itu dapat dimanfaatkan oleh petugas perpustakaan untuk berkomunikasi dengan baik, supaya guru dapat tertarik untuk memanfaatkan perpustakaan dalam kegiatan belajar mengajar.

Selama jadi warga SMA N 1 Payung

2.

Kerjasama dengan siswa

Murid merupakan kelompok sasaran utama perpustakaan sekolah. Murid dapat menggunakan perpustakaan dalam berbagai keperluan, seperti mengerjakan tugas, mencari informasi maupun membaca koleksi yang ada di perpustakaan. Selain untuk menyelesaikan tugas, siswa dapat berkontribusi dalam kegiatan perpustakaan, misalnya ikut dalam kegiatan pengadaan koleksi dan Pemutaran video film.

Selama jadi Siswa SMA N 1 Payung

( 3 Tahun )

Kerja sama eksternal

No

Nama perpustakaan yang dikerjasamakan

Jenis kerjasama

 

1.

Perpustakaan Pahlawan Empat SMA N 1 Puding Besar

Saling berbagi informasi tentang koleksi

 

2.

Perpustakaan SMAN 1 Manggar

Pengembangan Literasi Sekolah

 

3.

Perpustakan SDN 12 Payung

Saling berbagi informasi tentang koleksi, Pengembangan Literasi sekolah dan persiapan akreditasi perpustakaan

 

4

Perpustakan SDN 11 Payung

Saling berbagi informasi tentang koleksi, Pengembangan Literasi sekolah dan persiapan akreditasi perpustakaan

 

5

Perpustakan MTs Khoirul Ummah Payung

Saling berbagi informasi tentang koleksi, Pengembangan Literasi sekolah dan persiapan akreditasi perpustakaan

 

7

Perpustakan SMPN 5 Payung

Saling berbagi informasi tentang koleksi, Pengembangan Literasi sekolah dan persiapan akreditasi perpustakaan

 

7

Perpustakan SDN 13 Payung

Saling berbagi informasi tentang koleksi, Pengembangan Literasi sekolah dan persiapan akreditasi perpustakaan

 

8

Perpustakan SMPN 3 Payung

Saling berbagi informasi tentang koleksi, Pengembangan Literasi sekolah dan persiapan akreditasi perpustakaan

 

9

Perpustakan SMAN 1 Pemali

Saling berbagi informasi tentang koleksi, Pengembangan Literasi sekolah dan persiapan akreditasi perpustakaan

 

10

Perpustakan PONPES Tarbiayaul Mubtadi’in Toboali

Saling berbagi informasi tentang koleksi, Pengembangan Literasi sekolah dan persiapan akreditasi perpustakaan

 

Prestasi Perpustakaan

No

Jenis penghargaan perlombaan

Sebagai Juara

Pantitia penyelenggara

Tahun

1.

Lomba perpustakan sekolah Tingkat SMA/SMK/MA Kabupaten Bangka Selatan

III

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Bangka Selatan

2015

2.

Lomba perpustakan sekolah Tingkat SMA/SMK/MA Kabupaten Bangka Selatan

II

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Bangka Selatan

2016

3.

Lomba perpustakan sekolah Tingkat SMA/SMK/MA Provinsi Kepualaun Bangka Belitung

Harapan II

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

2020

Inovasi-Inovasi Perpustakaan

No

Sector / bidang

Jumlah inovasi dan sebutkan satu persatu ( Jika ada)

1.

Sektor Pengembangan Perpustakaan

Mengupayakan penambahan koleksi buku perpustakaan

2.

Sektor Pengolahan bahan perpustakaan

Melakukan penjilidan koran setiap bulannya dan penjilidan buku

3

Sektor pelayanan perpustakaan

Pelayanan dalam peminjaman buku fiksi, non fiksi dan buku paket. Pemutaran DVD. 

4

Sektor perawatan bahan perpustakaan

–          Penyampulan buku

–          Perbaikan buku yang rusak

Bantuan Yang Diterima Perpustakaan

Bantuan dari komite dan alumni untuk membangun Literasi Sekolah. Sekarang sudah terbangun 4 Literasi Sekolah dan gudang penyimpanan khusus buku Pekat ( Buku Mata Pelajaran )

Anggaran Perpustakaan

No

SUMBER ANGGARAN

1.

APBD

2.

APBN

3.

KOMITE

4.

ALUMNI

Tujuan Perpustakaan Sekolah

  1. Menumbuhkembangkan minat baca dan tulis. Para siswa dan guru dapat memanfaatkan waktu untuk mendapat informasi di perpustakaan. Kebisaan ini mampu menumbuhkan minat baca mereka yang pada akhirnya dapat menimbulkan minat tulis. 
  2. Mengenalkan teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi harus terus diikuti pelajar dan pengajar. Untuk itu perlu proses pengenalan dan penerapan teknologi informasi dari perpustakaan. 
  3. Membiasakan akses informasi secara mandiri. Pelajar perlu didorong dan diarahkan untuk memiliki rasa percaya diri dan mandiri untuk mengakses informasi. Hanya orang yang percaya diri dan mandirilah yang mampu mencapai kemajuan. 
  4. Memupuk bakat dan minat. Bacaan, tayangan gambar, dan musik di perpustakaan mampu menumbuhkan bakat dan minat seseorang. Fakta dan sejarah membuktikan bahwa keberhasilan seseorang itu tidak ditentukan oleh NEM yang tinggi melainkan melalui pengembangan bakat dan minat.

Tugas perpustakaan Sekolah

  1. Memelihara dan perbaikan buku-buku/bahan pustaka/media elektronik.
  2. Inventarisasi dan pengadministrasian buku-buku/bahan pustaka/media elektronika.
  3. Melakukan layanan bagi siswa, guru, dan tenaga kependidikan lainnya, serta masyarakat.

 

Fungsi Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan banyak dikenal hanya sebagai tempat penyimpanan buku-buku, jurnal, maupun sumber referensi cetak lain namun yang sebenarnya bahwa perpustakaan bukan hanya menyimpan tapi juga menyajikan kepada khalayak umum agar apa yang disimpan di perpustakaan tersebut dapat diakses dan digunakan dengan leluasa. Perpustakaan memiliki peranan yang signifikan untuk mendukung gemar membaca dan meningkatkan literasi informasi. Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar-mengajar.

Kendala dan Tantangan

  1. Regulasi dan Dukungan Pemerintah Daerah

Regulasi dan dukungan dari pemerintah daerah Kepulauan Bangka Belitung terhadap Perpustakaan Sekolah sangat baik untuk memajukan dan meningkatkan minat baca masyarakat atau siswa / i di sekolah. Kendala dari sekolah yaitu  jaraknya jauh dari DKPUS Provinsi ke sekolah jadi butuh perjalanan selama 2-3 jam kalau mau berkunjung ke DKPUS Provinsi. Kurangnya dana untuk melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan .Tenaga perpustakaan hendaknya lebih dari satu orang, sehingga pengelolaan dan pelayanan perpustakaan lebih maksimal. Perpustakaan sekolah sering diartikan hanya sebagai gudang buku yang keberadaannya dirasakan kurang penting dan  Media informasinya masih berupa buku, sehingga  tidak merupakan sesuatu yang aneh bagi siswa. Kurangnya perhatian pihak sekolah akan pengembangan perpustakaan.

  1. Teknologi Informasi dak Komunikasi ( TIK)

 

Perkembangan perpustakaan digital pada umumnya masih berjalan lambat terutama di Indonesia, bahkan untuk Indonesia sendiri bisa dikatakan belum ada perpustakaan yang benar-benar digital. Perpustakaan di negeri pertiwi ini masih mempertahankan koleksi  tercetak, walaupun sebagian telah ada koleksi yang berbentuk digital.

Dalam membangun perpustakaan digital ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan diantaranya:

  1. Perpustakaan digital memerlukan teknologi untuk terhubung ke banyak sumber informasi
  2. Hubungan kerjasama antara beberapa perpustakaan digital dan layanan informasi terbuka untuk semua
  3. Perpustakaan digital memberikan layananan informasi secara universal
  4. Koleksi perpustakaan digital bukanlah pengganti dari dokumen         tercetak, tetapi perlu dikembangkan melebihi koleksi tercetak
  5. Sumber Daya Manusia ( SDM)

 

Tenaga perpustakaan hendaknya lebih dari satu orang, sehingga pengelolaan dan pelayanan perpustakaan lebih maksimal.

 

  1. Koleksi Perpustakaan

Masalah koleksi buku yang tidak update dan tidak mencerminkan kebutuhan siswa  akibatnya siswa malas datang ke perpustakaan.  Sering mendengar cerita pemustaka yang selalu kecewa setiap datang ke perpustakaan. Kecewa karena setiap mencari buku yang mereka cari tapi tidak menemukan buku tersebut. Hal tersebut dikarenakan proses pengadaan buku di perpustakaan yang masih banyak membeli buku Paket Teks Pelajaran Siswa.

  1. Anggaran perpustakaan

Umumnya beberapa perpustakaan memiliki anggaran berasal dari lembaga induknya, yang berasal dari sumber pendanaan yaitu APBD dan APBN dan sumbangan alumni.

 

LAMPIRAN

  1. Foto depan sekolah yang nampak plang sekolah

  1. Foto Gedung / Ruang perpustakaan sekolah / madrasah tampak dari depan

                    

  1. Foto Kepala Perpustakaan Pustaka Cendekia SMAN 1 Payung : Dewi Sekar Sari, S.Pd

   

  1. Foto Pengelola Perpustakaan Pustaka Cendekia SMAN 1 Payung : Marlina, S.I.Pust

 

 

  1. Foto Ruang Refrensi Perpustakaan Pustaka Cendekia SMAN 1 Payung

  1. Foto Ruang Perpustakaan Pustaka Cendekia SMAN 1 Payung

  1. Foto Kegiatan Perpustakaan Pustaka Cendekia dalam Lomba Pojok Lietarsi Kelas

 

 

  1. Foto Kegiatan Perpustakaan Pustaka Cendekia dalam  Lomba Mural

  1. Foto Kegiatan Perpustakaan Pustaka Cendekia Pusling dari DKPUS Provinsi Kep. Babel

                     

  1. Foto Kegiatan Perpustakaan Kunjungan ke SMAN 1 Puding Besar

11. Foto Kegiatan Perpustakaan Pustaka Cendekia dalam  Lomba Slogan Pendidikan Karakter dan Literasi

 

Scroll to Top